Kamis, 14 Februari 2013


Bill Gates, Drop Out bukan penghalang kesuksesan !



                Bill Gates ? Siapa di dunia ini yang tidak mengenal dia?
Pria yang bernama lengkap William Henry "Bill" Gates III ini merupakan salah satu pendiri Microsoft dan dia merupakan orang terkaya di dunia dari tahun 1995-2009 (tidak termasuk tahun 2008 karena dia turun ke peringkat 3).

Latar belakang


       Lahir di Seattle pada tanggal 28 Oktober 1955 dalam keluarga yang tergolong mapan. Ayahnya William H. Gates merupakan seorang pengacara terkenal, sedangkan ibunya Mary Maxwell Gates adalah anggota dewan direktur First Interstate BancSystem dan Ubited Way. Dia adalah anak kedua dari 3 bersaudara. Kakaknya bernama Kristianne dan adiknya bernama Libby.

Pendidikan

       Saat usia Bill Gates menginjak 13 tahun, dia bersekolah di Lakeside School. Di sekolah ini kemampuannya dalam bidang komputer mulai nampak dengan meng’hack’ komputer sekolah, mengubah jadwal sekolah dan penempatan siswa. Di sini dia juga berkawan dengan Paul Allen yang kelak mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft. Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dengan memperoleh nilai 1590 dari total 1600 pada ujian SAT. Kemudian dia melanjutkan kuliah di Harvard College pada  musim gugur 1973. Di Harvard dia bertemu dengan Steve Balllmer yang kelak menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft.

    Namun Gates tidak memiliki rencana belajar tetap ketika menjadi mahasiswa Harvard. Dia hanya menghabiskan banyak waktunya dengan komputer sekolah. Dan puncaknya Gates memutuskan untuk meningalkan Harvard dan kemudian mendirikan Microsoft bersama Paul Allen.

Drop out bukan penghalang kesuksesan


      Mungkin bagi kebanyakan orang seseorang yang drop out adalah seseorang yang bodoh. Tapi tidak bagi Bill Gates. Dia meninggalkan Harvard hanya untuk meraih impiannya bersama Paul Allen. Ya, mereka berdua mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft. Sekarang coba kita lihat kebanyakan komputer di dunia baik itu di rumah, di kantor, di sekolah. Kebanyakan dari mereka menggunakan Microsoft untuk mengoperasionalkan komputer.  

Dan berkat kesuksesannya, Gates pun dinobatkan menjadi manusia terkaya di dunia dari tahun 1995 sampai tahun 2009. Namun pada tahun 2008 posisinya melorot ke urutan 3 karena sejak tahun 2000, jumlah nominal sahamnya di Microsoft menurun disebabkan jatuhnya harga saham Microsoft setelah pecahnya gelembung dot-com dan sumbangan multi-miliar dolar kepada berbagai yayasan amal. Pada wawancara bulam Mei 2006, Gates berkomentar bahwa ia bukanlah orang terkaya di dunia karena ia tidak suka perhatian yang muncul akibat gelar tersebut.

      Walaupun Gates bukan orang terkaya di dunia lagi namun semangat dan daya juangnya dalam berkarya untuk meraih kesuksesan patut kita contoh. Bukan tidak mungkin bila kita mengikuti semangat dan daya juang Bill Gates kita akan menjadi calon orang terkaya di dunia selanjutnya J. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita punya mimpi dan berusaha keras untuk menggapai mimpi tersebut. Tetap semangat kawan ! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar